MAKALAH PERSIAPAN MEDIA PEMBELAJARAN
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Media pembelajaran merupakan komponen dalam proses pembelajaran yang sangat penting dalam menyampaikan materi agar lebih menarik dan tutorial. Media pembelajaran di gunakan oleh pendidik sebagai alat bantu yang berfungsi memperjelas materi yang di sampaikan agar siswa dapat mengalami pengalaman langsung mengenai materi yang di sampaikan dapat melalui indera penglihatan, indera pendengaran ataupun pengalaman langsung untuk mencapai tujuan pembelajaran. Hal tersesbut sesuai dengan Daryanto, 2012: 5 yang menyatakan: Media pembelajaran harus memiliki manfaat sebagai berikut:
1. Memperjelas pesan agar tidak terlalu verbalitis.
2. Mengatasi keterbatasan ruang, waktu, tenaga dan daya indera.
3. Menimbulkan gairah belajar, berinteraksi, secara langsung antara peserta didik dan sumber belajar.
4. Memungkinkan anak belajar mandiri sesuai dengan bakat dan kemampuan visual, auditori dan kinestetiknya.
5. Memberi rangsangan yang sama, mempersamakan pengalaman, dan menimbulkan persepsi yang sama.
6. Proses pembelajaran mengandung lima komponen komunikasi, yaitu guru (komunikator), bahan pembelajaran, media pembelajaran, peserta didik (komunikan), dan tujuan pembelajaran.
B. Rumusan Masalah
1. Bagaimana Langkah-Langkah Penyiapan Media Pembelajaran ?
2. Bagaimana Kriteria Pemilihan Media ?
3. Apa saja Persiapan Sebelum Menggunakan Media ?
4. Bagaimana Pengenalan Beberapa Media ?
5. Apa saja Langkah-Langkah Penggunaan Media Pembelajaran ?
C. Tujuan Masalah
1. Untuk mengetahui Langkah-Langkah Penyiapan Media Pembelajaran
2. Untuk mengetahui Kriteria Pemilihan Media
3. Untuk mengetahui Persiapan Sebelum Menggunakan Media
4. Untuk mengetahui Pengenalan Beberapa Media
5. Untuk mengetahui Langkah-Langkah Penggunaan Media Pembelajaran
BAB II
PEMBAHASAN
A. Langkah-Langkah Penyiapan Media Pembelajaran
Media pembelajaran yang telah dipilih agar dapat digunakan secara efektif dan efisien perlu menempuh langkah-langkah secara sistematis. Ada tiga langkah yang pokok yang dapat dilakukan yaitu persiapan, pelaksanaan/penyajian, dan tindak lanjut.
1. Persiapan
Persiapan maksudnya kegiatan dari seorang tenaga pengajar yang akan mengajar dengan menggunakan media pembelajaran. Kegiatan-kegiatan yang dapat dilakukan tenaga pengajar pada langkah persiapan diantaranya: membuat rencana pelaksanaan pembelajaran/perkuliahan sebagaimana bila akan mengajar seperti biasanya. Dalam rencana pelaksanaan pembelajaran/perkuliahan cantumkan media yang akan digunakan. mempelajari buku petunjuk atau bahan penyerta yang telah disediakan, menyiapkan dan mengatur peralatan yang akan digunakan agar dalam pelaksanaannya nanti tidak terburu-buru dan mencari-cari lagi serta peserta didik dapat melihat dan mendengar dengan baik.
2. Pelaksanaan/Penyajian
Tenaga Pengajar pada saat melakukan proses pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran perlu mempertimbangkan seperti: yakinkan bahwa semua media dan peralatan telah lengkap dan siap untuk digunakan. jelaskan tujuan yang akan dicapai, jelaskan lebih dahulu apa yang harus dilakukan oleh peserta didik selama proses pembelajaran, hindari kejadian-kejadian yang sekiranya dapat mengganggu perhatian/konsentrasi, dan ketenangan peserta didik.
3. Tindak lanjut
Kegiatan ini perlu dilakukan untuk memantapkan pemahaman peserta didik tentang materi yang dibahas dengan menggunakan media. Disamping itu kegiatan ini dimaksudkan untuk mengukur efektivitas pembelajaran yang telah dilakukannya. Kegiatan-kegiatan yang dapat dilakukan diantaranya diskusi, eksperimen, observasi, latihan dan tes.[1]
B. Kriteria Pemilihan Media
Kriteria pemilihan media harus dikembangkan sesuai dengan tujuan yang ingin di capai, kondisi dan keterbatasan yang ada dengan mengingat kemampuan dan sifat-sifat khasnya (karateristik) media yang bersangkutan.
Dalam hubungan ini Dick dan Carey menyebutkan bahwa disamping kesesuaian dengan tujuan perilaku belajarnya, setidaknya masih ada empat faktor lagi yang perlu di pertimbangkan dalam pemilihan media. Pertama adalah ketersediaan sumber setempat. Kedua adalah apakah untuk membeli atau memproduksi sendiri tersebut ada dana, tenaga dan fasilitasnya. Ketiga adalah faktor yang menyangkut keluwesan, kepraktisan, dan ketahanan media yang bersangkutan untuk waktu yang lama. Keempat adalah efektifitas biayanya dalam waktru yang panjang[2]
C. Persiapan Sebelum Menggunakan Media
Supaya pengunaan media dapat berjalan dengan baik kita perlu membuat persiapan yang baik pula. Pertama-tama pelajari buku petunjuk yang telah di sediakan. Kemudian kita ikuti petunjuk itu. Apabila pada petunjuk kita di sarankan untuk membuat buku atau bahan belajar lain yang sesuai dengan tujuan yang akan di capai. Hal tersebut akan memudahkan kita dalam belajar media itu.
Peralatan yang di perlukan untuk menggunakan media itu juga perlu di siapkan sebelumnya. Dengan demikian, pada saat menggunakannya nanti, kita tidak akan di ganggu dengan hal-hal menggurangi kelancaran penggunaan media itu. Jika media itu digunakan secara berkelompok, sebaiknya tujuan yang akan dicapai di bicarakan terlebih dahulu dengan semua anggota kelompok. Hal itu penting supaya perhatian dan pikiran terarah ke hal yang sama.
Peralatan media perlu di tempatkan dengan baik sehingga kita dapat melihat atau mendengar programnya dengan enak. Apabila media itu digunakan secara berkelompok. Mungkin semua anggota kelompok dapat memperoleh kesempatan yang sama dalam mendengar akan melihat program media itu.
Adapun kegiatan selama menggunakan media yang perlu dijaga selama kita menggunakan media ialah suasana ketenangan. Gangguan-gangguan yang dapat menggangu perhatian konsentrasi harus di hindarkan. Kalau mungkin, ruangan jangan di gelapkan sama sekali. Hal itu supaya kita masih dapat menulis jika menjumpai hal-hal penting yang perlu diingat. Kitapun dapat menulis pertanyaan jika ada bagian yang tidak jelas atau sulit di pahami.
Jika menulis atau membuat gambar atau membuat catatan singkat, usahakan hal tersebut tidak menggangu konsentrasi. Jangan sampai perhatian kita terlalu banyak tercurah pada apa yang di tulis sehingga kita tidak dapat memperhatikan sajian media yang sedang berjalan. Media yang digunakan secara berkelompok harus kita jaga benar-benar supaya kita tidak berbicara. Kalau kita berbicara, tentu hal tersebut akan mengangu teman bicara kita.[3]
D. Pengenalan Beberapa Media
Penggelompokan berbagai jenis media telah dikemukakan pula oleh beberapa ahli. Leshin, Pollock dan Reigeluth mengklasifikasikan media kedalam lima kelompok yaitu:
1. Media berbasis manusia
2. Media berbasis cetak
3. Media berbasis visual
4. Medioa berbasis audio-visual
5. Media berbasis computer
Salah satu ciri dari media ini adalah membawa pesan atau informasi kepada penerima. Sebagai diantara memproses pesan atau informasi yang di ungkapkan oleh siswa.
Pembelajaran PKN dapat menggunakan berbagai jenis media yaitu media visual, media audio, media audio visual:
1. Media Visual
Media visual sering disebut juga media tampak yang menggunakan indera penglihatan agar dapat memahaminya. Media visual dapat berfungsi untuk mengembangkan kemampuan visual anak, mengembangkan imajinasi anak, meningkatkan penguasaan anak terhadap hal-hal yang abstrak yang tidak di hadirkan dalam kelas, dan menggembangkan kreativitas siswa. Media visual terdiri dari:
a) Gambar
Gambar adalah gambar yang digunakan dalam pembelajaran pendidik kewarganegaraan di sesuaikan dengan tujuan pembelajarannya. Gambar yang berwarna akan lebih menarik dari pada yang tidak berwarna. Ukuran gambar juga harus di pertimbangkan supaya sesuai dengan benda aslinya dan memungkinkan untuk melihat dari seluruh kelas.
b) Foto
Foto digunakan untuk mendapatkan gambaran yang nyata, menjelaskan ide, dan menunjukan objek (benda yang sebenarnya).
c) Kliping
Kliping adalah guntingan atau potongan yang di peroleh dari berbagai sumber seperti dari majalah, surat kabar, buku, kalender, katalog, iklan dan poster. Kliping dapat membantu guru dan siswa untuk mencari informasi sehubungan dengan topik-topik tertentu. Misalnya kliping tentang pembatasan kekuasaan, maraknya korupsi dan sebagainya.
d) Poster
Poster adalah yang dirancang untuk memberi pesan dengan cepat dan ringkas. Poster yang baik biasanya berwarna menyajikan ide tunggal, tulisan jelas, kaya dengan variasi dan terkadang mengandung pernyataan yang berlebihan.
2. Media Audio
Media audio adalah media yang berbasis suara yaitu media yang hanya dapat didengar saja. Media audio terdiri dari:
a) Radio
Radio adalah siaran audio dapat membantu siswa untuk meningkatkan komunikasi audio, membuat suasana belajar lebih hidup dan meningkatkan kemampuan siswa dalam mengapresiasi kejadian yang di siarkan.
b) Piringan hitam
Kegunaan media ini hampir sama dengan radio, yaitu meningkatkan komunikasi audio, meningkatkan suasana belajar dan melatih daya apresiasi siswa.
3. Media Audio Visual
Media Audio Visual adalah media yang memiliki kemampuan untuk dapat dilihat sekaligus dapat didengar. Media audio visual terdiri dari:
a) Siaran televisi
Siaran televisi adalah kombinasi visual dan audio. Televisi merupakan media yang menyampaikan pesan melalui gambar gerak dan di lengkapi dengan suara.
b) Film
Fim memberikan sumbangan yang besar bagi pembelajaran pendidikan kewarganegaraan. Film memberikan kepada siswa pengalaman belajar dan dapat membantu menampilkan waktu berabad-abad (film secara atau peristiwa bersejarah) dan tempat berjarak ribuan kilometer dimana siswa dapat melihat tempat orang, peristiwa yang tidak mungkin di lihat dengan cara lain.
c) Video
Media ini sangat popular di tengah-tewngah masyarakat. Seperti halnya film dan televisi dan CD dapat pula menyajikan pesan audio visual jarak untuk kejadian yang nyata maupun fiktip dalam penggunaan video dan CD memerlukan televisi. Itu sebabnya mengapa banyak guru belum menggunakan video dan CD karena jangkauan terbatas, peralatannya cukup mahal, dan kurang praktis.[4]
E. Langkah-Langkah Penggunaan Media Pembelajaran
Media pembelajaran yang telah dipilih agar dapat digunakan secara efektif dan efisien perlu menempuh langkah-langkah secara sistematis. Ada tiga langkah yang pokok yang dapat dilakukan yaitu persiapan, pelaksanaan/penyajian, dan tindak lanjut.
1. Persiapan
Persiapan maksudnya kegiatan dari seorang tenaga pengajar yang akan mengajar dengan menggunakan media pembelajaran. Kegiatan-kegiatan yang dapat dilakukan tenaga pengajar pada langkah persiapan diantaranya: membuat rencana pelaksanaan pembelajaran/perkuliahan sebagaimana bila akan mengajar seperti biasanya. Dalam rencana pelaksanaan pembelajaran/perkuliahan cantumkan media yang akan digunakan. mempelajari buku petunjuk atau bahan penyerta yang telah disediakan, menyiapkan dan mengatur peralatan yang akan digunakan agar dalam pelaksanaannya nanti tidak terburu-buru dan mencari-cari lagi serta peserta didik dapat melihat dan mendengar dengan baik.
2. Pelaksanaan/Penyajian
Tenaga Pengajar pada saat melakukan proses pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran perlu mempertimbangkan seperti: yakinkan bahwa semua media dan peralatan telah lengkap dan siap untuk digunakan. jelaskan tujuan yang akan dicapai, jelaskan lebih dahulu apa yang harus dilakukan oleh peserta didik selama proses pembelajaran, hindari kejadian-kejadian yang sekiranya dapat mengganggu perhatian/konsentrasi, dan ketenangan peserta didik.
3. Tindak lanjut
Kegiatan ini perlu dilakukan untuk memantapkan pemahaman peserta didik tentang materi yang dibahas dengan menggunakan media. Disamping itu kegiatan ini dimaksudkan untuk mengukur efektivitas pembelajaran yang telah dilakukannya. Kegiatan-kegiatan yang dapat dilakukan diantaranya diskusi, eksperimen, observasi, latihan dan tes.[5]
BAB II
PENUTUP
A. Kesimpulan
Media pembelajaran yang telah dipilih agar dapat digunakan secara efektif dan efisien perlu menempuh langkah-langkah secara sistematis. Ada tiga langkah yang pokok yang dapat dilakukan yaitu persiapan, pelaksanaan/penyajian, dan tindak lanjut.
Kriteria pemilihan media harus dikembangkan sesuai dengan tujuan yang ingin di capai, kondisi dan keterbatasan yang ada dengan mengingat kemampuan dan sifat-sifat khasnya (karateristik) media yang bersangkutan.
Pengunaan media dapat berjalan dengan baik kita perlu membuat persiapan yang baik pula. Pertama-tama pelajari buku petunjuk yang telah di sediakan. Kemudian kita ikuti petunjuk itu.
Pembelajaran PKN dapat menggunakan berbagai jenis media yaitu media visual, media audio, media audio visual.
Media pembelajaran yang telah dipilih agar dapat digunakan secara efektif dan efisien perlu menempuh langkah-langkah secara sistematis. Ada tiga langkah yang pokok yang dapat dilakukan yaitu persiapan, pelaksanaan/penyajian, dan tindak lanjut.
B. Saran
Kami menyadari dalam pembuatan makalah ini banyak terdapat kekurangannya, untuk itu kami sangat mengharapkan masukan-masukan untuk menunjang perbaikan makalah ini untuk menuju kearah kesempurnaan.Semoga makalah yang sederhana ini bisa bermanfaat bagi kita semua.
DAFTAR PUSTAKA
Azhar Arsyad, Media Pembelajaran. (Jakarta, PT Raja Grafindo Persada, tahun 2014)
Arief S. Sadiman, Media Pendidikan( Depok : PT Raja Grafindo Persada,2012 )
Afifudin, Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan ( Jakarta : tahun 2012)
Anggita, dalam website http://M-Edukasi.Web.Id/2012/06/Langkah-langkah-Penggunaan Media.html di akses pada hari Sabtu tanggal 01 April 2017 pukul 10.00 wib
[5] Anggita, dalam website http://M-Edukasi.Web.Id/2012/06/Langkah-langkah-Penggunaan Media.html di akses pada hari Sabtu tanggal 01 April 2017 pukul 10.00 wib