MAKALAH Sistem Informasi Manajemen
E-Commerce
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Perdagangan elektronik (E-commerce) adalah proses membeli, menjual atau pertukaran produk, layanan dan informasi melalui jaringan komputer. E-commerce adalah bagian dari e-bisnis, dimana ruang lingkup e-bisnis lebih luas lagi tidak hanya komersial tetapi juga mencakup mitra bisnis, layanan pelanggan, lowongan kerja. Selain teknologi jaringan www.e-commerceteknologi juga membutuhkan database, email, dan bentuk non-tekonoligi komputer serta sistem pengiriman lainya dan cara pemabayaran untuk e-commerce. Mengingat perdagangan elektronik (e-commerce) kemudian pelanggan dapat mengakses dan melakukan pesanan dari berbagai tempat saat berada pada era teknologi canggih seperti sekarang ini maka pelanggan dapat mengakses e-commerce tidak harus di berada pada tempat yang sama, hal ini karena di kota-kota besar di Indonesia ini telah banyak tempat-tempat yang menyediakna akses atau fasilitas internet yang di akses menggunakan laptop/ notebook atau personal digital Assisteant (PDA) menggunakan teknologi wifi dengan demikian waktu saat ini sangat penting diinginkan perusahaan untuk melaksanakan e-commerce services penggunaan e-commerce diIndonesia masih sangat terbatas.
B. Rumusan Masalah
1. Bagaiman sejarah dan pengertian e-commerce?
2. Apa saja aplikasi dan model bisnis e-commerce?
3. Apa saja isu terkait e-commerce?
C. Tujuan
1. Untuk mengetahui sejarah dan pengertian e-commerce.
2. Untuk mengetahui aplikasi dan model bisnis e-commerce.
3. Untuk mengetahui isu terkait e-commerce.
BAB II
PEMBAHASAN
A. Sejarah E-Commerce
Sejarah perkembangan e-commerce didunia dimulai dari munculnya internet yang kemudian terus berkembang sehingga timbullah e-commerce. Internet mulai lahir pada tahun 1969 kelompok peneliti Amerika berhubungan dengan empat komputer di UCLA, Stanford Research Institute, Universitas Utah, dan Universitas Caalifornia di Santa Barbara. Mereka menciptakan sebuah jaringan untuk berkomunikasi antara satu dengan yang lain.
Jaringan ini dikenal dengan istilah ARPnet – ARPA merupakan singkatan dari Advance Research Project Agency yang merupakan bagian dari Dapartemen Keamaana Amerika Serikat.
Tiga tahun kemudian, lebih dari lima puluh universitas telah terhubung bersama-sama dalam jaringan (network), dan jaringan komputer yang telah mulai muncul di sekitar negara bagian dan dunia. Seiring dengan perkembangan ARPnet, yang diikuti pula dengan kerja sama jaringan antara kaum pendidik, dan kaum eksperimen NASA mengenai jarimgan komputer, jaringan ini mulai terhubungkan satu dengan yang lain interconnected, inilah awal mula dipakai istilah “Internet”. Istilah perdagangan elektronik berarti pemanfaatan transaksi komersial, seperti pesanan pembelian atau invoice secara elektronik. Berkembang melalui aktivitas yang mempunyai istilah “perdagangan web” melakukan transaksi pembelian dan penjualan barang dan jasa melalui World Wide Web melalui sebuah server yang dianggap aman (HTTPS).
Web mulai dikanal masyarakat luas pada tahun 1994, jurnalis banyak beranggapan bahwa e-commers akan menjadi sektor ekonomi yang nantinya akan berkembang dengan pesat. Baru kurang lebih empat tahun protokol HTTPS memasuki tahap matang dan mulai banyak digunakan oleh masyarakat luas antara tahun 1998 dan tahun 2000 banyak pembisnis dari Negara Amerika Serikat dan Eropa mengembangkan situs web perdagangan ini.[1]
E-commerce dimulai pada tahun 1995 ketika salah satu portal internet yang pertama, Netscape.com, menerima iklan pertama dari perusahaan-perusahaan besar dan mempopulerkan ide bahwa web dapat digunakan sebagai medium baru untuk beriklan.
B. Pengertian E-commerce
E-commerce (electronik comers) adalah pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elekronik seperti internet, televisi, world wide web, atau jaringan-jaringan komputer lainya. E-commerce melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis. Salah satu jaringan yang digunakan adalah internet. Sementara itu Kalakota dan Whinston mendefinisikan E-commerce dari beberapa perspekif, antara lain sebagai berikut:
1. Perspektif komunikasi, E-commerce adalah pengiriman informasi, barang dan jasa, melalui jaringan telepon atau jalur komunikasi lainya.
2. Perspektif bisnis, E-commerce adalah aplikasi teknologi menuju otomatisasi transaksi bisnis.
3. Perspektif pelayanan, E-commerce adalah alat yang digunakan untuk mengurangi biaya dalam pemesanan dan pengiriman barang.
4.Perspektif online, E-commerce menyediakan kemampuan untuk menjual dan membeli barang melalui internet dan jaringan jasa lainya.
Seluruh definisi diatas menjelaskan pada dasarnya memiliki kesamaan yang mencakup komponen pembelian, penjualan, barang dan jasa, media yang digunakan dalam hal ini adalah internet.
Perkembangan teknologi informasi terutama internet, merupakan fakor pen-dorong perkembanga E-commerce. Internet merupakan jaringan global yang me-nyatukan jaringan komputer diseluruh dunia, sehingga memungkinkan terjalinya komunikasi dan interaksi antar satu dengan yang lain diseluruh dunia. Sampai saat ini internet merupakan infrastruktur yang ideal untuk menjalankan e-commerce, sehingga E-commerce pun menjadi identik dalam menjalankan bisnis diinternet.
Dengan menggunakan teknologi informasi, E-commerce dapat dijadikan sebagai solusi untuk membantu perusahaan dalam mengembangkan perusahaan dan menghadapi tekanan bisnis. Tingginya tekanan bisnis yang muncul akibat tingginya tingkat persaingan mengharuskan perusahaan untuk dapat memberikan respons. E-commerce dapar meningkatkan efisiensi biaya dan produktifitas perusahaan, sehingga dapat meningkatkan kemampuan perusahaan yang konsisten. Adapun kelebihan dan kekurangan e-commerce
Ø Kelebihan E commerce
Lebih efisien waktu, sebab dengan adanya E commerce pemesanan barang dapat melalui telepon atau situs internet dan dapat diantar.
Ø Kekuragan E commerce
Tidak terlalu aman, sebab saat transaksi biasanya mengunakan kartu kredit atau no rekening, itu dapat memungkinkan sesuatu yang tidak diinginkan terjadi
C. Aplikasi dan Model Bisnis E-Commerce
Beberapa aplikasi umum yang berhubungan dengan E-commerce adalah:
1. E-mail dan Messaging
2. Content Management System
3. Dokumen, spreadsheet, database
4. Akunting dan sistem keuangan
5. Informasi pengiriman dan pemesanan
6. Pelaporan informasi dari klien dan interprise
7. Sistem pembayaran domestik dan Internasional
8. Newsgroup
9. On-line Shopping
10. Conferencing
11. Online Banking/internet Banking
12. Produk digital/ Non Digital
Berikut beberapa contoh 5 model bisnis E-commerce di Indonesia:
1. Classifieds/listing/iklan baris
Ini adalah model bisnis E-commerce paling sederhana yang cocok digunakan di negara-negara berkembang. Dua kriteria yang biasa diusung model bisnis ini:
Ø Website yang bersangkutan tidak memfasilitasi kegiatan transaksi online
Ø Penjual individual dapat menjual barang kapan saja, dimana saja secara gratis
Tiga situs iklan baris yang terkenal di Indonesia ialah Tokobagus, Berniaga, dan OLX. Kaskus selaku forum online terbesar di Indonesia juga dibilang masih menggunakan model bisnis iklan baris di forum jual belinya. Ini dikarenakan Kaskus tidak mengharuskan penjualnya untuk menggunakan fasilitas rekening bersama atau escrow. Jadi transaksi masih dapat terjadi langsung antara penjual dan pembeli.
Metode transaksi yang paling sering digunakan di situs iklan baris ialah metode cash on delivery atau COD Jenis Penjualan: situs iklan baris seperti ini cocok bagi penjual yang hanya ingin menjual sekali-kali saja, seperti barang bekas atau barang yang stoknya sedikit.
2. Marketplace C2C (Customer to Customer)
Ini adalah model bisnis dimana website yang bersangkutan tidak hanya membantu mempromosikan barang dagangan saja, tetapi juga memfasilitasi transaksi uang secara online. Berikut ialah indikator utama bagi sebuah website marketplace:
Ø Seluruh transaksi online harus difasilitasi oleh website yang bersangkutan
Ø Bisa digunakan oleh penjual individual
Kegiatan jual beli diwebsite marketplace harus menggunakan fasilitas transaksi online seperti layanan escrow atau rekening pihak ketiga untuk menjamin keamanan transaksi. Penjual hanya akan menerima uang pembayaran setelah barang diterima oleh pihak pembeli. Selama barang belum sampai, uang akan disimpan direkening pihak ketiga. Apabila transaksi gagal, maka uang akan dikembalikan ke tangan pembeli.
Tiga situs marketplace diIndonesia yang memperbolehkan penjual langsung berjualan barang website ialah Tokopedia, Bukalapak, dan Lamido. Ada juga situs marketplace lainaya yang mengharuskan penjual menyelesaikan proses verifikasi terlebih dahulu seperti Blanja dan Elevenia.
Cara mencari uang: layanan penjual premium, iklan premium, dan komisi dari setiap transaksi.
Jenis Penjualan: situs marketplace seperti ini lebih cocok bagi penjual yang lebih serius dalam berjualan online. Biasanya sang penjual memiliki jumlah stok barang yang cukup besar dan mungkin sudah memiliki toko fisik.
3. Shooping Mall
Model bisnis ini mirip sekali dengan marketplace, tetapi penjua yang bisa berjualan disana haruslah penjual atau brand ternama karena proses verifikasi yang ketat. Satu-satunya situs online shooping mall yang beroperasi di Indonesia ialah Blibli.
Cara mencari uang: komisi dari penjual
4. Toko Online B2C (Bussiness to Consumer)
Model bisnis cukup sederhana, yakni sebuah toko online dengan alamat website (domain) sendiri dimana penjual memiliki stok produk dan menjualnya secara online kepada pembeli. Beberapa contoh toko online di Indonesia ialah Bhinneka, Lazada Indonesia, Berry Benka dan Bilna 1.Tiket.com, yang berfungsi sebagai platfrom jualan tiket secara online, juga bisa dianggap sebagai toko online.
Keuntungan dari memiliki toko online Anda sendiri ialah Anda memiliki kebebasan penuh disana. Anda dapat mengubah jenis tampilan sesuka Anda dan dapat membuat blog untuk memperkuat SEO toko online Anda. Bagi Anda yang tertarik untuk membuka sebuah toko online secara mudah, Anda dapat coba menggunakan Shopify, Jejualan, Pixtem, Jarvis, dan Klakat.[2]
5. Toko Online di Media Sosial
Banyak pejual di Indonesia yang menggunakan situs media sosial seperi Facebook dan Instagram untuk mepromosikan barang dagangan mereka. Ada juga startup yang mengumpulkan seluruh penjual di Instagram kedalam satu website yang bernama Shopious.membuat toko online di Facebook atau Instagram sangatlah mudah, sederhana, dan asyiknya gratis. Tetapi penjual tidak dapat memebuat templatenya sendiri. Di Indonesia, channel BBM pun juga sering digunakan sebagai media jual beli barang. Jenis penjual: penjual yang memiliki toko online sendiri tapi tidak mau repot.
A. Isu Terkait E-Commerce
Terdapat dua isu dalam E-commerce dengan penekanan konteks di Indonesia sebagi berikut:
1. Aspek Keamanan Konsumen dalam situs E-commerce
Perkembangan teknologi komunikasi seperti Internet yang sangat pesat telah menimbulkan beberapa isu dalam dimensi etika dan regulasi. Salah satu isu yang menarik adalah isu mengenai keamanan informasi konsumen saat melakukan kegitan online.
Strategi situs E-commerce dalam mengatasi isu keamanan berurusan dengan dua urusan besar yaitu melindungi integritas jaringan bisnis beserta sistem internalnya sendiri dan meraih hubungan transaksi yang aman antar konsumen dan perusahaan bisnisnya (Marchany & Tront,2002)
Alat utama yang dijadikan perusahaan bisnis E-commerce dalam menjaga jaringan internal yang mereka miliki adalah firewall. Firewall adalah sistem perangkat keras dan perangkat lunak yang hanya mengizinkan penguna dari luar sistem yang memilki karakter spesifik yang dapat mengakses jaringan dalam sistem yang dilindungi. Namun, firewall masih banyak memiliki kekeurangan dalam sistemnya. Ada beberapa program hacker seperti SMTPTunnel, ICMPTunnel, NIMDA. The Code Red yang mampu menerobos firewall beberapa situs perusahaan E-commerce. Keamanan transaksi yang dilakukan dalam dunia E-commerce sangat bergantung pada kemampuan organisasi dalam menjamin privasi, keaslian, integrasi, keberadaan dan pemblokiran intrusi-intrusi yang tidak diingikan.
Menurut Machany dan Tront, dua ancaman utama terhadap mekanisme keamanan situs E-commerce adalah virus dan program Trojan Horse (Machany & Tront, 2002). Keberadaan virus pada dasarnya sangat menggangu namun program Trojan Horse merupakan ancaman yang lebih serius karena program ini bukan hanya memfasilitasi bagaimana cara menerobos jaringan sistem lain namun program ini juga mungkin menyerang integrasi data dalam sebuah sistem.
2. Aspek Privasi Konsumen dalam Situs E-commerce
Culnan mendefinisikan privasi sebagai “kemampuan individu untuk mengontrol syarat-syarat yang mengatur begaimana informasi personal individu tersebut dapat diperoleh dan digunakan” (Culnan M.J, 2000). Merupakan hal yang sangat sulit, bahkan sedikit tidak mungkin, jika dalam melakukan sebuah transaksi dengan layanan E-commerce, konsumen sama sekali tidak memberikan informasi personal, mulai dari informasi mengenai alamat tempat tinggal untuk melakukan pengiriman hingga preferensi produk konsumen (Ackerman, Cranor, & Reagle, 1999)
Isu privasi adalah salah satu permasalahan serius yang menarik untuk dikaji dalam dunia E-commerce. Hasil polling yang dilakukan oleh majalah Business Week menemukan fakta bahwa lebih 40% pengguna jasa situs E-commerce memberi kekhawatiran besar terhadap potensi misuse of information yang dilakukan oleh situs-situs tersebut dan 57% dari responden menginginkan hukum yang memiliki kekuatan untuk mengatur bagaimana mekanisme yang sesuai bagi situs E-commerce dalam mengumpulkan dan menggunakan informasi personal milik konsumen. Culnan juga berpendapat bahwa kekhawatiran orang tentang privasi merupakan alasan utama mengapa banyak orang memutuskan untuk tidak melakukan transaksi dalam dunia online, bahwa sekalipun merekan akan berinteraksi dalam dunia online, informasi yang akan mereka sediakan adalah informasi yang akan mereka sediakan adalah informasi yang salah.
Culnan dan Armstrong juga berpendapat bahwa ada dua tipe kekhawatiran para pengguna layanan E-commerce yang berkaitan dengan isu privasi. Tipe yang pertama adalah kekhawatiran konsumen tenteng terdapatnya akses tanpa izin data personal mereka karena kurangnya keamanan dan pengawasan perusahaan atau karena kurangnya kontrol internal dari perusahaan itu sendiri. Tipe yang kedua adalah kekhawatiran konsumen terhadap kemungkinan digunakannya data personal mereka bagi keperluan yang tidak relevan dan tidak dikehendaki. Kemungkinan ini tentunya melibatkan pihak ketiga yang tidak terlibat sama sekali dalam transaksi awal antara konsumen dan perusahaan yang menyediakan layanan E-commerce.
Mengatasi isu privasi dalam dunia E-commerce bukan merupakan perkara yang mudah dan sederhana. Hal ini disebabkan karena dunia internet sekarang telah membentuk kultur yang sangat jelas yang sangat bebas, sehingga batas terhadap hal yang bersifat umum dan privat sudah biasa. Selain itu, hal ini juga disebabkan oleh adanya perdebatan tentang makna dari kata “privasi” itu sendiri. Beberapa orang berpendapat bahwa privasi merupakan hak yang memandang privasi dan informasi personal seseorang sebagai komoditas yang boleh untuk dipertukarkan. Perbedaan pemaknaan terhadap konsep privasi ini menjadikan usaha untuk mengatasi isu privasi dalam perkembangan teknologi menjadi kompleks.[3]
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Sejarah perkembangan e-commerce didunia dimulai dari munculnya internet yang kemudian terus berkembang sehingga timbullah e-commerce. Internet mulai lahir pada tahun 1969 kelompok peneliti Amerika berhubungan dengan empat komputer di UCLA, Stanford Research Institute, Universitas Utah, dan Universitas Caalifornia di Santa Barbara. Mereka menciptakan sebuah jaringan untuk berkomunikasi antara satu dengan yang lain. E-commerce (electronik comers) adalah pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elekronik seperti internet, televisi, world wide web, atau jaringan-jaringan komputer lainya. E-commerce melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis. Salah satu jaringan yang digunakan adalah internet.
Beberapa aplikasi umum yang berhubungan dengan E-commerce adalah, E-mail dan Messaging,Content Management System, Dokumen, spreadsheet, database, Akunting dan sistem keuangan, Informasi pengiriman dan pemesanan, Pelaporan informasi dari klien dan interprise, Sistem pembayaran domestik dan Internasional, Newsgroup,On-line Shopping,Conferencing,Online Banking/internet Banking,Produk digital/ Non Digital. Dua isu dalam e-commerce dengan penekanan konteks di Indonesia sebagai berikut, keamanan saat menggunkan situs e-commerce, privasi konsumen dalam menggunakan situs e-commerce.
B. Saran
Dalam makalah ini penulis berkeinginan memberikan saran kepada pembaca agar ikut peduli dalam mengetahui sejauh mana kita mempelajari tentang e-commerce.Semoga dengan makalah ini para pembaca dapat menambah cakrawala ilmu pengetahuan.
Daftar Pustaka
Irawati, Dewi. 2011. Pemanfaatan E-commerce Dalam Dunia Bisnis (edisi 6). Staf Pengajar Jurusan Manajemen Informatika Politeknik Negeri Sriwijaya.
Shabur Miftah Mulana. Dkk.2015. Implementasi E-Commerce Media Penjualan Online. Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya.
Yosy Arisandi. Dkk. 2017. Sistem Informasi Manajemen. Pustaka Pelajar Yogyakarta