BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar
belakang masalah
Matematika merupakan
salah satu pelajaran pokok yang di ujikan dalam
Ujian Nasional untuk itu matematika salah satu mata pelajaran yang wajib
di pelajari, dan matematika merupakan permasalahan dunia sehingga matematika tidak
hanya berkaitan dengan angka .Untuk itu
banyak sekali bidang kajian yang di pelajari di program studi matematika, bagi anda yang ingin melatih
daya nalar dan kemampuan mengalisa, program studi ini media yang tepat untuk
mengembangkan diri, melalui program
studi ini, anda juga akan mengetahui manfaat matematika dalam kehidupan
sehari- hari misaya masalah- masalah yang bebrkaitan dengan telekomukasi
asuransi dan perbankan, keuangan dan pengkodean, kendali, stabilisasi,
optimisasi dll.
Memang pelajaran
matematika di anggap sebagian sebagian
siswa sebagai pelajaran yang sangat sulit, bahkan kadang ada yang membenci pelajaran matematika. Untuk itu sebagian
orang matematika untuk itu sebagian orang
matematika di anggap sebagi musuh yang sulit di takhlukkan sehingga para pelajar yang membenci pelajaran
matematika ini sebagian mendapat nilai
di bawah KKM, namun dengan adanya kesadaran guru pelajaran matematika di MAN (_________)
ini menggunaka Remidial untuk memberikan perbaikan nilai siswa di bawah KKM
Namun tidak semua
siswa membenci pelajaran matematika
bahkan ada yang menyukai terhadap pelajaran ini hingga
mengibaratkan sehari tanpa matematika
dunia secara sunyi tak berpenghuni karena mereka menganggap rumus- rumus itu
adalah
Nyanyian dan mereka bangga sehingga tidak
heran jiaka siswa yang menyukai pelajaran ini mampu memperoleh nilai di atas
KKM
1.2
Rumusan
masalah
Masalah yang terjadi dapat
di rumuskan sebagai berikut :
1. Apa sebabnya siswa kelas xc pada
pelajaran matematika ini mendapatkan di
bawah KKM?
2. Apa sebabnya siswa kelas xc pada
pelajaran matematika ini mendapatkan di
atas KKM?
1.3
Tujuan
penelitian
Penelitian
ini bertujuan untuk :
1. Mengetahui Penyebab siswa kelas XC pada
pelajaran matematika ini mendapatkan di
bawah KKM?
2.
Mengetahui Penyebab siswa kelas XC pada
pelajaran matematika ini mendapatkan di
bawah KKM?
1.4
Rancangan
masalah
Penelitian ini
menggunakan data dengan metode wawancara
dengan guru yang sesuai bidang studi, dan data yang valid dari petugas
TU MAN (_________).
1.5 Data
Hasil yang di peroleh dari penelitian ini
berupa:
1.
Daftar nilai kognitif
2.
Daftar nilai psikomotorik
3.
Daftar nilai afektif
4.
Hasil wawancara
BAB II
KAJIAN TEORI
Matematika berasal dari bahasa yunani
kuno yang berarti pengkajian, pembelajaran ilmu yang ruang lingkupnya menyempit
dari arti teknisnya menjadi “pengkajian
matematika , bahkan demikian juga pada jaman kuno. Matematika
meliputi, studi besaran , struktur ruang
dan perubahan, dan matematikawan mencari pola, merumuskan konjektur baru dan membangun kebenaran
melalui metode deduksi yang kaku dari aksloma – aksloma dan definisi- definisi yang bersesuaian.
Melalui penggunaan penalaran logika dan
abstraksi, matematika berkembang dari pencacahan perhitungan pengukuran dan
pengkajian sistematis terhadap bangun dan lpergerakan manusia semenjak adanya rekaman tertulis .
Argumentasi kaku pertama muncul di dalam matematika Yunani, matematika selalu
berkembang misalnya di cina pada tahun 300 SM di India pada tahun
100 M dan di arap pada tahun 800 M . Sekarang matematika dapat di gunakan di
seluruh dunia sebagai alat penting di berbagai bidang, termasuk ilmu alam,
teknik kedokteran/ medis dan ilmu sosial seperti ilmu ekonomi dan psikologi.
Definisi matematika menurut para matematikawan sebagai berikut:
1.
Carl
Friedrich gauss mengatakan matematika
sebagai Ratunya il mu pengetahuan”, di dalm bahasa aslinya latin” regina
scientiarum, jugadi dalam bahasa jerman konighnder Wissentiarum, juga di dalam
bahas a jerman konighnder
wissenschaften, kata yang bersesuaian
dengan ilmu pengetahuan, berarti
(lapangan) penegetahuan, Jelas inipun arti asli di dalam bahasa inggris dan
tiada keraguan bahwa pengkhukusan yang mempersempit makna menjadi ilmu
pengetahuan alam adalah dimasa terkemudian. Bila seseorang memandang ilmu
pengetahuan hanya terbatas pada dunia fisika maka matematika sekurang-
kurangnya matematika murni , bukan ilmu Pengetahuan.
2.
Albert
Einstein mmenyatakan bahwa “ Sejauh hukum- hokum matematika merujuk pada
kenyataan “ maka mereka tidaklah pasti dan sejauh mereka pasti mereka tidak merujuk kepada kenyataan.
3.
Karl
Popper menyimpulkan bahwa, sebagian besar teori matematika seperti halnya
fisikA dan biolgi adalah hipotis, deduktife, oleh karena itu matematika menjadi
lebih dekan dengan ilmu pengetahuan alam hipotetis, hiippotisnya adalah
konjekture (dugaan) lebih dari sebagai hal yang baru
4.
Benjamin
poirce menyebutkan matematika sebagai “ ilmu yang menggambarkan simpulan –
simpulan yang penting
Pendapat- pendapat para matemikawan
terhadap matematika sebagai ilmu pengetahuan ini adalah beraneka ragam .Banyak
matematikawan merasa bahwa untuk menyebut wilayah mereka sebagai ilmu
pengetahuansama saja dengan menurunkan kadar kepentingan sisi estetikanya dan
sejarahnya di dalam tujuh seni liberal tradisional yang lainya merasa bahwa
pengabdian pranata ini dengan ilmu pengetahuan sama saja dengan memutar-
memutar mata yang buta terhadap fakta bahwa antar muka antar matematika dan
penerapanya di dalam ilmu pengetahuan dan rekayasa telah mengemudikan
banyak pengembangan di dalam matematika. Namun banyak filosof yakin
bahwa matematika tidaklah terpalsukan berdasarkan percobaan dan dengan demikian
bukanlah kilmu pengetahuan perdefinisi:
Bidang- bidang
matematika terdiri dari :
1.
Besaran
Pengkaajian besaran di mulai dengan
bilangan , pertama bilangan asli dan bilangan bulat dan loperasi aritmatika di
ruang bilangan itu.
2.
Ruang
Pengkajian ruang bermula pada kajian
geometri: khususnya geometri euloid
3.
Perubahan
Memahami dan menjelaskan perubahan adalah
tema biasa di dalam kilmu Apengetahuan alam , dan kalkulus telah berkembang
sebagai alat yang penuh daya untuk menyelidikinya
. Fungsi- fungsi muncul di sini
sebagaikonsep penting untuk menjelaskanbesaran yang berubah
4.
Struktur
Banyak objek matematika semisal bilangan
dan fungsi, memamerkan struktur bagian dalam
BAB III
PEMBAHASAN HASIL PENELITIAN
3.1 Nilai
kognitif mata pelajaran
Matematika
Tabel 1
Daftar
Nilai Matematika Kelas XC Semester 1 Dapat Terlihat dalam Table Berikut:
NO
|
NAMA SISWA
|
NILAI
|
1
|
Adi Chandra
|
69
|
2
|
70
|
|
3
|
72
|
|
4
|
72
|
|
5
|
72
|
|
6
|
72
|
|
7
|
70
|
|
8
|
70
|
|
9
|
69
|
|
10
|
70
|
|
11
|
70
|
|
12
|
70
|
|
13
|
70
|
|
14
|
70
|
|
15
|
70
|
|
16
|
70
|
|
17
|
71
|
|
18
|
70
|
|
19
|
70
|
|
20
|
70
|
|
21
|
70
|
|
22
|
72
|
|
23
|
70
|
|
24
|
70
|
|
25
|
70
|
|
26
|
70
|
|
27
|
70
|
|
28
|
70
|
|
29
|
70
|
|
30
|
69
|
|
31
|
70
|
|
32
|
70
|
3.2 Nilai Psikomtorik Mata Pelajaran Matematika
Tabel 2
Daftar
Nilai Matematika Kelas XC Semester 1 Dapat Terlihat dalam Table Berikut:
NO
|
NILAI
|
|
1
|
69
|
|
2
|
70
|
|
3
|
70
|
|
4
|
70
|
|
5
|
70
|
|
6
|
71
|
|
7
|
70
|
|
8
|
70
|
|
9
|
70
|
|
10
|
70
|
|
11
|
69
|
|
12
|
70
|
|
13
|
70
|
|
14
|
72
|
|
15
|
70
|
|
16
|
70
|
|
17
|
70
|
|
18
|
70
|
|
19
|
70
|
|
20
|
70
|
|
21
|
70
|
|
22
|
72
|
|
23
|
70
|
|
24
|
70
|
|
25
|
70
|
|
26
|
70
|
|
27
|
71
|
|
28
|
70
|
|
29
|
70
|
|
30
|
70
|
|
31
|
70
|
|
32
|
70
|
3.3 Nilai Afektif
Mata Pelajaran Matematika
Tabel 3
Daftar Nilai Matematika Kelas XC Semester 1 Dapat
Terlihat dalam Table Berikut:
Untuk Makalah Full atau Selengkapnya Silahkan Download Filenya di Sini(Google Drive)
Soalnya Aku Capek Ngetik hahah Silahkan Tinggalkan Jejak komentar sebagai Tanda Terima Kasih dan Jangan Lupa Share Keteman2 Kalian Yah Melalui Facebook, Oke
Soalnya Aku Capek Ngetik hahah Silahkan Tinggalkan Jejak komentar sebagai Tanda Terima Kasih dan Jangan Lupa Share Keteman2 Kalian Yah Melalui Facebook, Oke